Nematoda Akar

Nematoda parasit merupakan salah satu kendala utama dalam pengusahaan kopi di Indonesia. Saat ini spesies nematoda yang paling berbahaya pada tanaman kopi  robusta maupun arabika adalah Pratylenchus coffeae dan Radopholus similis. Serangan  P. coffeae pada kopi  robusta dapat menyebabkan penurunan produksi sampai 57 %, serangan R. similis bersama-sama dengan P. coffeae  pada kopi arabika dapat mengakibatkan kerusakan lebih parah yaitu  80 % dan tanaman akan mati pada umur kurang dari 3 tahun.

Gejala serangan nematoda parasit  di lapangan menunjukkan bahwa tanaman kopi kelihatan kurus, batang berukuran kecil, daun tua menguning dan gugur, yang tertinggal hanya daun pada ujung cabang dan batang. Daun-daun tersebut berukuran kecil, keriting dan menguning. Pada serangan berat tanaman mati, namun proses kematian berlangsung lambat. Gejala serangan nampak jelas pada musim kemarau karena akar tidak mamapu menyerap air dan unsur hara sebab sebagian besar akar serabut rusak dan busuk. Rusaknya akar serabut ditandai  dengan tanaman mudah digoyang dan dicabut.

Nematoda P. coffeae termasuk ke dalam nematoda endoparasit berpindah-pindah atau endoparasit kembara. Nematoda betina meletakkan telur di dalam akar yaitu dalam jaringan korteks akar, terutama pada akar serabut yang masih muda dan berwarna putih, menyebabkan akar luka. Luka makin lama makin meluas dengan makin meningkatnya populasi nematoda dan akar membusuk. Pada kondisi demikian nematoda akan keluar dari akar dan berpindah mencari akar lain yang masih sehat. R. similis mempunyai hubungan kekerabatan yang dekat dengan P. coffeae oleh karena  itu memiliki kemiripan aspek perilaku hidup dan gejala kerusakannya (Wiryadiputra, 1998).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: